MotoGP Rilis Jadwal Baru, Dovizioso: Akhirnya Balapan Juga!

Andrea Dovizioso antusias menyambut perilisan kalender jadwal MotoGP 2020 yang baru. Setidaknya kini para pebalap bisa ancang-ancang kapan balapan dimulai.

MotoGP merilis kalender musim 2020 yang baru pada Kamis (11/6/2020) kemarin. Jadwal ini mengonfirmasi adanya 13 seri di Eropa yang berlokasi di delapan sirkuit, dengan rangkaian dimulai per 19 Juli.

Sirkuit Jerez, Spielberg, Misano, dan Valencia masing-masing akan menggelar dua seri balapan selama dua pekan beruntun. Sementara ada empat balapan di luar Eropa yang rencananya digelar di Amerika Serikat, Argentina, Thailand, dan Malaysia.

Empat seri ini bakal berlangsung setelah rangkaian balapan di Eropa berakhir, dengan susunan jadwal paling lambat keluar pada 31 Juli. Penetapan jadwal ini disebut rider Ducati Andrea Dovizioso membantu para pebalap mempersiapkan diri.

“Akhirnya kami akan kembali balapan. Pengumuman kalender jadwal resmi yang baru bikin kami bisa bersiap untuk kembali beraksi dengan tanggal pasti di dalam kepala,” ungkapnya dikutip Crash.

“Saya banyak berlatih di periode ini, tapi itu tidak mudah dilakukan dengan tanpa mengetahui apakah dan kapan kami bisa mulai balapan lagi. Ini akan jadi musim yang menantang, semua orang bakal harus menghadapi situasi baru,” imbuh pebalap asal Italia tersebut.

Dovizioso pun menyebut situasi khusus di musim ini menghadirkan tantangan baru buat para pebalap. Ruang untuk melakukan kesalahan semakin kecil, sementara fisik dan mental juga harus lebih kuat karena rangkaiannya cukup padat.

“Belum pernah terjadi sebelumnya, menjalani balapan di trek yang sama pada akhir pekan berikutnya dan kami bakal harus bersiap untuk aspek ini, bukan cuma secara fisik melainkan juga mental. Di samping itu, menjalani begitu banyak balapan di waktu yang singkat membuat tidak ada celah untuk kesalahan.”

“Oleh karena itu akan krusial untuk tahu bagaimana menangani situasinya dengan baik. Saya tak sabar untuk kembali berada di sadel Desmosedici GP saya, bertemu tim lagi, dan akhirnya kembali beraksi,” tandas pria 34 tahun tersebut.